Senin, 12 Desember 2011

KELAHIRAN JURUSELAMAT



Dft. (Lukas 2:11)
 Kehadiran kitab suci Alkitab dapat dipertanggungjawabkan, karena terbukti dalam sejarah dan pengalaman. Kehadirannya dan kejadiannya sangat dasyat karena ditulis dalam berbagai pengujian. Alkitab tidak datang tiba-tiba turun di suatu tempat dan bukan merupakan cerita rekayasa semata, Alkitab bukan buku roman picisan, bukan pula buku magic sehingga kalau salah pegang atau salah diletakkan merasa takut dan berdosa. Alkitab adalah karangan Allah sendiri dan oleh karena kuasanya manusia dipakai sebagai penulisnya, sungguh luar biasa. Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku, kata pemazmur.
Berdasarkan kehadirannya yang dasyat, cukuplah Alkitab menjadi tolok ukur atau patokan beriman bagi manusia dalam menjalani kehidupan ditengah-tengah dunia ini baik dalam pikiran, perasaan dan tindakan.
Bercermin dari apa yang dikatakan Alkitab, Alkitablah satu-satunya yang dapat mengubah sikap hidup manusia bila manusia itu merespon kehadiranNya dan penyataanNya karena Alkitab adalah ilham dari Allah sehingga melalui kuasanya yang dasyat manusia sanggup menulisnya. Tidak ada nasehat dan buku apapun yang melebihi apa yang dikatakan Alkitab karena Alkitab adalah Firman Allah.  satu berita terbesar dan mengemparkan  dunia adalah berita tentang kelahiran Juruselamat manusia yaitu sang Mesias yang di janjikan dan diurapi. Hari ini jangan keraskan hatimu dengarkan apa kata Alkitab dalam Lukas 2:11, hari ini telah lahir bagimu, Juruselamat yaitu Kristus, Tuhan
Dua kalimat yang dapat kita renungkan dalam pembacaan ini adalah:
1. Hari ini - telah lahir - bagimu
2. Juruselamat - yaitu Kristus - Tuhan
Tiga kata perlu diperhatikan dalam kalimat pertama dan tiga kata dalam kalimat kedua yang merupakan gelar dari jawaban atas pertanyaa siapa yang lahir hari ini bagimu.
1. Hari ini, telah lahir, bagimu
Hari ini, menjelaskan dan menekankan kepada dunia bahwa kepercayaan orang Kristen tidaklah atau bukan berdasarkan kepada salah satu anggapan, ajaran, ilmu-ilmu gaib, dongeng, magic, mitos atau cerita isapan jempol atau berita angin/issu, atau juga hanya kata orang atau buku serta kitab-kitab yang tak dapat dibuktikan keabsahanya melainkan ajaran kekristenan berdasarkan kenyataan yang berlangsung di tengah-tengah sejarah dunia di negeri Yahudi pada zaman itu dan terbukti dalam sepanjang sejarah hidup manusia sampai hari ini bahkan selama-lamanya.
Banyak orang membantah bahwa Yesus tidak lahir pada 25 Desember, dan itu memang benar karena Alkitab tidak mencatat itu dan kenyataannya hari itu adalah hari penyembahan berhala namun kita juga jangan lupa bahwa 25 Desember bukan saja hari penyembahan berhala tapi juga ada banyak peristiwa yang terjadi pada tanggal itu misalnya ada manusia yang lahir dan menjadikan hari itu sebagai peringatan ulang tahunnya dan tidak menjadikan hari penyembaha berhala.. jadi dari contoh yang satu ini saja karena Alkitab tidak mencatat Yesus lahir tanggal 25 Desember tidak ada salahnya pada abad yang lalu tanggal 25 Desember di tetapkan, disahkan dan dipakai serta dapat di gunahkan untuk memperingati dan dirayakan sebagai hari kelahiran Kristus. Ini merupakan peristiwa bersejarah dan peristiwa ini adalah peristiwa yang dasyat yang pernah terjadi di sorga dan bumi. Manusia bersukacita dan malaikat bersorak oleh karena orang berdosa yang bertobat dan percaya kepada Kristus di selamatkan, benar apa kata Alkitab, Lukas 15:7.
Sungguh Luar biasa hari yang dianggap gelap telah berubah menjadi terang yang ajaib karena Juruselamat itu dan hari yang dipakai sebagai hari penyembahan di ganti dan di ubah sebagai hari penyembahan kepada Kristus yaitu Tuhan penebus manusia dari dosa. sungguh hal ini terjadi oleh karena karunia Tuhan kepada manusia, Tuhan memberikan hikmat kepada manusia untuk mengubah hari yang gelap itu menjadi terang.
Telah lahir, menjelaskan kepada kita bahwa Yesus tidak turun ke bumi seperti cerita atau ajaran-ajaran yang lain mengenai cara dewa-dewa datang dimana dewa-dewa turun kebumi dalam berbagai-bagai cerita kuno yaitu dengan menjelma untuk sementara dan dengan menampakkan diri sedemikian rupa sehingga mereka kelihatannya seperti manusia. Kata ini mengungkapkan Yesus lahir dari seorang perempuan(Gal 4:4) artinya Ia lahir seperti kita, menjadi manusia terdiri dari daging dan darah(1 Yoh 4:2), Ia telah dicobai, Ia sungguh-sungguh dapat merasakan kelemahan –kelemahan kita(Ibrani 4:15). Jadi kehadiran Kristus tidak seperti ajaran-ajaran yang lain di luar Alkitab, Yesus telah di nubuatkan oleh manusia yang telah menjadi nabi Tuhan, lahir dari seorang manusia yang dipilih Tuhan, Ia hidup, disiksa, di salib, mati dan bangkit di antara manusia yang telah diciptakan Tuhan, terangkat ke sorga di saksikan para rasul dan murid-murid serta orang-orang yang percaya kepada-Nya.
Bagimu, yaitu ditunjukkan kepada gembala-gembala pada waktu itu tetapi juga kepada manusia di mana saja di dalam segala masa dan tempat. Malaikat tidak berkata bagi kita karena Yesus lahir diperuntukkan untuk manusia yang berdosa supaya diselamatkan.
Siapa saja kita, dari suku dan bangsa manapun kata Alkitab Yesus lahir adalah Bagimu karena kamu adalah orang-orang berdosa yang memerlukan sang penyelamat itu sebab tidak ada satupun perbuatan atau amal apapun yang dapat menyelamatkan kita dari api neraka. kenapa manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya? Karena tidak ada manusia yang cukup berbuat baik artinya walaupun berbuat baik kalau di timbang tetap saja kejahatannya lebih banyak Alkitab menjelaskan ini, pengkhotbah 7:20: Roma 3:9-20,23; manusia tidak dapat membuat dirinya berkenan kepada Allah dengan apa yang ia buat sebab tidak ada korban yang dapat menghapus kejahatan manusia kecuali percaya kepada Dia yang, Hari ini telah lahir bagimu.
Siapa, Hari ini telah lahir bagiMu ? mari renungkan kalimat yang berikutnya.
2. Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan
Juruselamat, ( soter-pembebas, penolong,pelepas), dipakai waktu itu untuk memuja kaisar-kaisar dimana mereka diagungkan sebagai penguasa yang membawa kelepasan dan kata ini dipakai juga kepada Yesus supaya manusia mengerti pada waktu itu bahwa juruselamat yang benar adalah Yesus dan tidak ada yang lain
Kristus, (christos atau mesias, almaseh artinya yang di urapi) seperti imam-imam dan raja-raja di urapi untuk jabatannya. Arti lain hanya Dialah Juruselamat yang di urapai dan yang sejati yang telah dinanti-nantikan oleh orang Yahudi dan semua manusia dalam dunia ini. Allah menciptakan permulaan baru dalam sejarah dunia seperti apa yang telah dilakukan sebelumnya dalam sejarah orang Israel, untuk memenuhi janji dan sumpahNya kepada Abraham.

Tuhan, ( kyrios - tuan, pemilik, Tuhan)
Pelepas yang telah lahir dan yang telah dijanjikan itu adalah yang diurapi yang datangnya dari Tuhan)
Itu sebabnya hari ini telah lahir bagimu juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan (walaupun Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember, namun kenyataannya Dia telah ada dan sejarah mengakui itu, ini bukan mitos-mitos atau cerita dari nenek moyang mengenai kehadiran dewa-dewa di buka bumi yang ceritanya sangat membinggungkan tapi ini suatu fakta yang di akui manusia dan juga penghulu sorga bahwa Dia yang datang itu adalah yang telah di nubuatkan sebagai pelepas dan pembebas, yang telah di urapi bukan dari manusia tapi dari Tuhan sendiri.)
”Hari ini telah lahir bagimu, JURUSELAMAT, yaitu KRISTUS, TUHAN”
satu pribadi, satu keluarga, satu suku dan juga satu negeri atau bangsa tidak bisa merasakan kedamaian serta tidak bisa menciptakan kasih bila Yesus tidak lahir di hati.
”Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu” Kisah Para Rasul 16:31

MERRY CHRISTMAS
AND HAPPY NEW YEAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar