Selasa, 26 Juni 2012

SIKAP ORANG KRISTEN DI ZAMAN INI

Dft. 1 Petrus 4:7-11,
Oleh, Pdt. Diolina Anaciata Mariana Ohoiwirin, S.Si Teol
Petrus menulis surat ini kepada orang-orang pendatang yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia, Bitia), Dilatarbelakangi oleh atau disebabkan oleh dua persoalan penting yang perlu disingkapi yaitu:
  • Orang-orang percaya mengalami tekanan dari luar (exteren) seperti penganiayaan, penyiksaan, dibunuh, diburuh oleh pihak2 yang tidak senang, tidak bertangung jawab pada waktu itu. jadi mereka mengalami tekanan-tekanan yang cukup berat. 
  • Orang-orang percaya mengalami tekanan dari dalam (interen) yaitu ditengah-tengah umat sendiri masih ada yang hidup dengan perilaku yang tidak berkenan dihadapan Allah tetapi juga dengan sesamanya.                                                                                                          Persoalan-persoalan yang terjadi pada akhir zaman pada waktu mereka hidup, terjadi juga diakhir zaman dimana kita berada dan hidup sekarang. Rasul Paulus menasehati orang-orang Kristen yang tersebar pada waktu itu dan kita yang hidup disaat ini, mengingat kedatangan Kristus seperti pencuri dan ada penghukuman/hukuman Allah. Namun sebagai anak-anak Tuhan, kita tidak perlu bingung (bimbang, ragu, takut) menghadapi zaman dimana kita berada, karena Rasul Petrus sudah memberitahukan empat sikap yang dapat kita terapkan untuk memuliakan Tuhan: 
  1. Kuasailah diri, jadilah tenang supaya dapat berdoa (ayat 7). Jika kita tidak bisa menguasai diri, maka hati   kita akan terseret untuk mengikuti hal-hal yang tidak berguna. Ketika waktu kita terpakai untuk mengikuti hal-hal yang tidak berguna, maka kita tidak lagi memiliki waktu untuk berdoa. Pada hal di dalam doalah kita menemukan keterangan yang sangat kita butuhkan, di dalam doalah kita mendapatkan aliran damai sejahtera yang membuat kita tetap bersukacita dan mampu bertahan di hari-hari yang sukar ini. Karena itu, kuasailah diri supaya kita dpat tenang berdoa sebab hanya dengan berdoalah kita tetap terjaga di akhir zaman ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia(Luk 21:36) 
  2. Kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain.(ayat 8-9) Pada bagian ini dikatakan tetapi yang terutama, kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. Kasih harus tetap menjadi yang terutama di dalam hidup kita. Semua orang layak kita kasihi, sekalipun dia adalah orang yang selalu menyakiti atau memusuhi kita. Ingat, dulu kita adalah musuh Allah dan tidak layak untuk dikasihi, tetapi kasihNya yang besar melayakkan kita menerima pengampunan yang sempurna di dalam Yesus Kristus. Jadi, ketika Tuhan berkata kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu, itu berarti kita harus belajar untuk mengasihi semua orang, melalui kasih kita dimampukan untuk hidup damai dengan semua orang di akhir zaman ini (bc 1 Korintus 13:1-13). 
  3. Layanilah Tuhan serta sesama sesuai dengan karunia Rohani (ayat 10). Meskipun berat beban hidup kita, banyak masalah, persoalan dan pergumulan hidup namun Kerajaan Allah terus dikembangkan, disebarluaskan, dengan menghadirkan kerajaan Allah di dunia ini dengan cara setia melayani Dia dan PekerjaanNya. Buanglah sungguh-sungut-sungut atau rasa kecewa, karena itu hanya akan memperberat langkah kita. Layanilah Tuhan dengan sukacita, maka itu akan membuat api iman kasih dan pengharpan kita tetap menyalah sampai kita bertemu dengan Tuhan Yesus. 
  4. Berbicaralah sebagai orang yang menyampaikan Firman Aallah (ayat 11). Firman Tuhan yang kita baca, renungkan, dengar, harus dilakukan. Perkatakanlah firman itu kepada mereka yang lemah, sehingga yang lemah bangkit dan menjadi kuat didalam Tuhan. Percayalah bahwa firman yang kita perkatakan berkuasa untuk mengubahkan. Pergunakanlah waktu yang ada sebaik-baiknya, sebab hari-hari ini adalah jahat (bc Efesus 5:16). Itulah sebabnya orang Kristen perlu mewujudkan panggilannya sehingga nampak bahwa: kita dapat mengendalikan dirinya sendiri, saling mengasihi, dan dengan tekun menerapkan karunia yang telah dianugerahkan kepada kita oleh Allah.
    Inilah cara hidup yang memuliakan Tuhan   
    Kuasai diri, tenang dan berdoa (bc. 1 Tes 5-17), Saling mengaisihi (bc. Mat 6:9-13; 22:34-40), Layanilah Tuhan, (bc.5:9), Injil tetap dibritakan (bc. Mat 28; 2 Tim 4:2).

    Demikialahn hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu       yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga’.
     Mat 5:16                                                     
     Typed by Ev. Wilmard Manohas,S.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar