Jumat, 29 Juni 2012

J O D O H/PASANGAN HIDUP

Dft..Kejadian 2 dan 1 kor 7
Memang dia adalah jodoh dari Tuhan, kita sering kali mendengar kata-kata ini, ada juga berdoa Tuhan kirimkanlah tulang rusukku. Ini memang kelihatan sepele dan biasa serta sah-sah saja karena sering kita mendengar dari sinetron, orang lain, teman bahwa jodoh kita sudah ditentukan oleh Tuhan. Pertanyaannya  benarkah itu?

Jodoh  menurut Alkitab?

I. Bukan ditentukan oleh Tuhan.
            Tuhan tidak menetapkan secara rinci atau menentukan secara langsung bahwa seseorang itu adalah pasangan hidup kita, mungkin hal ini agak aneh tapi Alkitab memberikan alasannya:

a. Tuhan tidak menentukan seseorang mau menikah atau melajang.
     Tuhan menjelaskan org melajang atau menikah  karena (sejak lahir artinya ada kelainan fisiknya,  dipaksa oleh orang lain, kemauannya sendiri. Matius 19:12,Kej 2:18, 1 Kor 7:1)

b. Suami atau Istri bukanlah tulang rusuknya.
   Banyak orang Kristen memahami bahwa suami atau istri adalah tulang rusuknya sehingga Ia berkata memang engkau adalah tulang rusukku. Kalau hal ini benar maka masalahnya akan muncul jika seorang mau menikah lagi bila istri atau suami yang pertama meninggal, karena kalau ia menikah lagi maka ia akan menikah dengan orang yang bukan tulang rusuknya. Paulus menjelaskan dalam 1 Kor 7:39, (org boleh menikah lagi bila….bc lagi Matius 22:24-28..seorang perempuan mempunyai 7 suami, jadi tulang rusuk kita bukan suami atau istri melainkan wanita atau perempuan artinya bila salah satu meninggal si suami atau istri maka ia bisa menikah lagi kalau mau.)

II. Jodoh, pilihan kita sendiri.
       Kawin atau tidak kawin itu adalah masalah kebebasan kita sendiri…Jika.. ia benar-benar merasa, bahwa mereka harus kawin, baiklah mereka kawin, kalau ia menghendakinya ( 1Kor 7:35-36) Pentingnya kita meluruskan konsep tentang jodoh atau pasangan hidup kita adalah  jodoh bukan ditentukan oleh Tuhan, melainkan adalah pilihan kita sendiri, Tuhan hanya menyiapkan saja, mengapa?
  1. supaya bertanggung jawab terhadap pilihan kita sendiri ( jangan sampai kita berkata Tuhan jodoh yang engkau berikan itu tidak cocok dengan saya bila ada masalah nanti)
  2. supaya jangan berkata ini adalah takdir dari Tuhan, oleh sebab itu ada prinsip-prinsip Alkitab supaya kita dapat memilih teman hidup kita sesuai dengan kehendak Tuhan
III. Cari jodoh  sesuai dengan kehendak Tuhan.
        Prinsip-prinsip Dasar
  1. Pasangan harus berlainan Jenis.( Kej 2:24; Mat 19:5; Mrk 10:7; Ef 5:31; Rm 1:27 )
  2. Tidak boleh kawin dua.(1 Tim 3:2,12 ;Tit 1:6; 7:2-3)
  3. Pasangan yang seiman, jika ingin bahagia carilah yang seiman bukan satu gereja atau seagama (2 Kor 6:14), tetapi yang sama-sama sudah lahir baru artinya sudah terima Tuhan Yesus sebagai Tuhannya, sehingga tidak ada perceraian
  4. Pasangan yang sepadan artinya sama-sama manusia (Kej 2:20) tapi juga walau pun tidak mutlak, perlu diperhatikan juga factor penunjang seperti pendidikan, sosial ekonomi, karakter.
  5. Saling mengasihi dan merendahkan diri ( Ef 5:25)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar